Selasa, 14 November 2017

TUGAS 2 : Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Bisnis

NAMA : EKA SRI RAHAYU
KELAS : 4EA24
NPM     : 13214440

Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Bisnis




Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit).
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal  itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ( ICT ).
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan, bahkan, dalam menghadapi persaingan.
➧INTERNET
Manfaat internet di dunia bisnis :
  1. Mempermudah akses penjualan
    Sudah kita ketahui sendiri bahwa internet merupakan sebuah jaringan yang mempunyai cakupan yang sangat luas dan tidak terbatas. segala aktivitas yang berhubungan dengan segala kebutuhan, mulai dari kebutuhan usaha, rumah tangga, kebutuhan pribadi dll. semua bisa di akses lewat internet. sehingga dengan memanfaatkan sebuah jaringan internet, para pelaku usaha mencoba untuk memperluas jaringan usaha mereka ke segala sektor yang lebih luas agar dapat bersaing dalam dunia usaha.
  1. Mempermudah komunikasi jarak jauh
    Memudahkan komunikasi dari luar daerah sehingga tidak dihalangi oleh jarak, waktu, dan tempat untuk berkomunikasi bisa melalui skype/media sosial lainnya.
  2. Lebih hemat waktu dan lebih mudah bertransaksi (fleksibel)
    Internet merupakan sebuah jaringan yang sangat fleksibel, semua orang dapat mengakses internet kapanpun dan dimanapun sehingga segala macam kebutuhan yang diperlukanpun dapat kita akses melalui internet, baik itu kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pribadi, kebutuhan usaha dan berbagai macam kebutuhan lainya. maka dengan ini, internet bisa memdudahkan bagi para konsumen untuk melakukan sebuah transaksi pembelian tanpa harus datang ke tempat distributor/penjual untuk membeli produk yang dibutuhkan. tetapi pemesanan/pembelian sebuah produk dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
    1. Peluang memiliki pelanggan lebih banyak dari berbagai daerah (Pemasaran)
      Selain dengan meningkatkan kualitas produk atau jasa agar bisa tetap bersaing dipasaran, tentunya para pelaku bisnis juga telah berfikir bagaimana cara memasarkan sebuah barang atau jasa ke publik.
    1. Lebih mudah berkembang dan memiliki banyak pelanggan
      Akses bisnis lebih cepat berkembang dengan memiliki banyak pelanggan tidak hanya di satu daerah melainkan di berbagai daerah.
TELEPON

Telepon Sebagai media Komunikasi Bisnis
Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka menjalankan bisnisnya.
TELEVISI
Televisi merupakan perangkat teknologi informasi yang berupa sistem penyiaran yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio). Oleh karena itu, perangkat ini digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak atau video secara langsung. Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi adalah pesawat yang dapat menangkap siaran gambar dan suara dari pemancar. Dengan televisi, kamu dapat melihat lokasi suatu daerah maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, pelantikan presiden, dan budaya setiap daerah maupun bangsa lain dengan mudah dapat kamu lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.
NOTEBOOK
Dengan notebook pekerjaan bisnis menjadi lebih mudah. Alat komunikasi ini memiliki fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik. Notebook atau laptop hadir dengan beragam bentuk dan ukuran. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Hanya saja, pembuatannya sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah untuk dibawa ke mana pun.
FAXIMILE
Faximile adalah alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar