Pengembangan Perilaku
Etis Perusahaan
·
Pengantar
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja manajerial
·
Elemen –elemen yang diperlukan untuk pengembangan perilaku etis perusahaan
·
Ringkasan
·
Contoh kasus
4.1 Pengantar
Dari
diskusi yang ada di bab sebelumnya, sudah sangat jelas seberapa signifikannya
etika bisnis.
Tapi
sekarang yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana mengintegrasikan etika
ke dalam organisasi. Seperti yang kita ketahui bahwa etika bisnis dalam
manajemen adalah kedisiplinan dalam kewajiban bekerja baik ataupun buruk nya
pekerjaan.
Berdasarkan
pada Clarence Walton- etika manajerial berkaitan dengan kebenaran dan keadilan dan
memiliki beberapa aspek seperti harapan masyarakat, persaingan yang sehat, periklanan,
hubungan masyarakat, tanggung jawab sosial, otonomi konsumen dan perilaku
perusahaan.
Koontz
dan Weihrich mengatakan, dalam organisasi, manajer lengkap untuk informasi dan sumber
daya. Potensi konflik dalam memilih tujuan yang mudah dimengerti dan pertanyaan
tentang kriteria apa yang harus dipadu secara etis menjadi sangat penting.
Untuk
mengembangkan infrastruktur etika dalam organisasi diperlukan usaha yang lebih.
Bukan hanya yang dikatakan oleh eksekutif puncak, memberikan nasehat
berdasarkan etika maka nasihat tersebut akan diikuti. Ada beberapa teknik,
prosedur dan langkah-langkah dimana perusahaan dapat berkembang menjadi perusahaan
yang mempunyai etis.
Tapi
sebelum itu kita harus memahami baaimana karyawan berpengarih pada organisasi
dan orgnisasi berpengaruh pada karyawan.
4.2 GRIFFIN MENJELASKAN BEBERAPA
DAERAH KHUSUS YANG MEMPENGARUHI KERJA MANAJERIAL
(A) Organisasi Terhadap Karyawan
Pada bagian ini mencakup
bidang upah dan kondisi kerja, perekrutan dan pengembangan pribadi karyawan
(B) Karyawan Terhadap Organisasi
Bagaimana karyawan
memperlakukan perusahaan/organisasi. Ada banyak isu etika/etis yang terlibat,
apakah setiap keputusan yang dibuat untuk menolong karyawan dan melawan
perusahaan.
Apakah karyawan
mempertahankan tinggat kejujuran dan kerahasiaan atau justru menjualnya untuk
keuntungan pribadi
(C) Organisasi Terhadap Institusi Ekonomi Lainnya
Seberapa jauh sebuah
organisasi berlaku adil terhadap agen institusi ekonomi lainnya seperti
pemegang saham, pemasok, pelanggan, pesaing dan para diler.
4.3
UNSUR PROGRAM UNTUK PEMBANGUNAN PERILAKU ETIS DALAM PERUSAHAAN/ORGANISASI
(i) Pelatihan Etika
Untuk
mencapai keunggulan perusahaan di semua bidang dan disiplin seperti penjualan
dan pemasaran, transaksi keuangan, transaksi internasional, sistem teknik,
prosedur pembelian adalah kebutuhan mendesak pada point ini. Tetapi memberikan
karyawan latihan etika merupakan sebuah konsep baru. Meskipun beberapa orang
berpendapat bahwa pelatihan etika tidak perlu dilakukan tapi kita hanya
menyangkalnya karena banyak perusahaan yang sudah memulai program pelatihan
etika mereka seperti beberapa perusahaan yang ada di amerika serikat : General
Dynamic, McDonnell Doughlas. Diberbagai dunia ada kebuutuhan yang besar
terhadap penerapan etika bisnis dan dengan hati-hati mendisain program
pelatihan yang dapat memberi kontribusi yang positif. Padalah anda tidak dapat
membandingkan hasil pelatihan etika dengan pelatihan lain seperti teknik dimana
hanya setelah pelatihan anda akan merasakan hasilnya dengan jelas apa saja yang
pengetahuan yang didapatkan dari menjadi peserta pelatihan, hal yang sama tidak
akan terjadi pada pelatihan etika tapi efek dari pelatihan tersebut akan
bertahan lama.
Tujuan
dasar program pelatihan etika adalah :
(a)
Untuk membuat karyawan sadar atas
peraturan etika yang terdapat di perusahaan.
(b)
Untuk melatih karyawan bagaimana
menerapkan dan dimana menerapkan prinsip etika dalam masalah pekerjaan
sehari-hari.
(c)
Dari atas sampai bawah dalam organisasi
siapa saja yang menghadapi pertanyaan etika dipekerjaan dilengkapi dengan pelatihan
dengan bantuan simulasi studi kasus berdasarkan aktual diperusahaan.
Robert Kreither mengatakan
fitur kunci dari program pelatihan etika yang efektif :
·
Dukungan manajemen puncak
·
Membuka diskusi dalam menyelesaikan
kasus realistis
·
Iklim organisasi yang
memberi penghargaan pada perilaku etis.
·
Pencantuman tema etika
pada semua pelatihan.
·
Mekanisme untuk melaporkan
pelanggaran etika secara anonim.
·
Sirkulasikan salinan kode
etik di antara semua staf dengan penjelasan tentang
·
Prosedur kerja dan
keterlibatan mereka di dalamnya.
(ii)
Kode
Etik
kode etik biasanya
mencerminkan nilai utama dari organisasi, kepercayaan norma, dan operasi peraturan
etika.
Kode etik harus didisain
untuk mendorong perilaku dalam organisasi manapun dan harus didukung oleh
manajemen puncak. Praktik umum yang lazim dalam organisasi kita, kode etik
direncanakan, diusulkan, didiskusikan, dan didefinisikan oleh eksekutif puncak
dan kemudian diterbitkan dan di distribusikan kepada staf.
Tapi terkadang angota
staf memperlihatkan reaksi mereka terhadap kode etik tersebut dengan ragu,
curiga, percaya pada norma dan kepercayaan yang dikembangkan dalam organisasi
hanyalah menunjukan gambaran palsu.
Cater McNamara "mengemukakan," saat mengelola masalah yang kompleks,
terutama dalam krisis, memiliki kode yang penting, dialog dan refleksi seputar
nilai etika menghasilkan kepekaan dan konsensus etis ". Hal yang sangat penting
adalah kode etik harus efektif
Kaptein dan Klamer '(1991) telah mencantumkan beberapa syarat untuk kode etik
yang efektif :
(i) Pengantar harus didukung oleh manfaat penting untuk adopsi dan mematuhi kode.
(ii) Penerimaan umum dan penerimaan kode etik harus ada.
(iii) Proses pembahasan yang tepat, pengecekan dan jika perlu dilakukan redefinisi harus
dilakukan sebelum kode etik akhir selesai.
(iv) Jika kita ingin implementasi dan tindak lanjut kode etik harus menjadi event yang
sukses, continuous feed back diperlukan
(v) Meninjau, memodifikasi, memperbarui dan jika ada ketidakkonsistenan antara norma,
nilai dan praktik, harus diungkapkan. Selanjutnya diperlukan modifikasi dan updasi
yang harus dilakukan.
(vi) Mekanisme pengendalian: Untuk penegakan kode etik yang efektif, beberapa sistem
sanksi harus ada.
Beberapa contoh kode etik perusahaan diberikan di bawah ini:
(A) Kode Etik untuk Manajer Pemasaran
(Oleh American marketing Association)
(i) Menghadapi kejujuran dan keadilan yang lengkap.
(ii) Dalam setiap tahap pengembangan produk semua standar harus dijaga.
(iii) Ikuti semua prinsip hak dan kewajiban dalam proses pertukaran.
(iv) Strategi penetapan harga yang adil.
(v) Taktik promosi yang salah, menyesatkan dan manipulatif harus dihindari
(vi) Riset pasar harus dilakukan dan dilakukan dengan cara sehingga mencapai tujuan
(B) Kode Engineer Beberapa kode etik insinyur telah dikembangkan oleh National Society of Professional Engineers yang menekankan pada:
(i) Hindari rekayasa usaha yang tidak aman.
(ii) Jangan membocorkan informasi rahasia.
(iii) Anjurkan konsekuensinya, jika saran teknis ditolak oleh orang yang tidak berkepentingan.
(iii) Sistem Pengembangan Etika Organisasi (OEDS) Beberapa unsur penting adalah:
(A) Pengembangan kebijakan etika kerja tangan dan manual untuk tata pemerintahan dan integritas diri.
(B) Komitmen manajemen puncak yang sangat penting bagi etika perusahaan harus dikomunikasikan dengan baik.
(C) Untuk menikmati hasil perbaikan terus-menerus, penilaian reguler harus dilakukan terhadap etika.
(D) pelaporan etika yang sehat dan proses penyelesaian konflik bagi pelaku yang salah.
(E) Dengan Bench Marking untuk menilai sistem integritas individu dan juga organisasi.
(iv) Komite Etika
Pembentukan komite etika juga merupakan konsep baru. Di beberapa perusahaan,
sebuah komite berdiri dibentuk untuk menerapkan konsep etis dalam praktik, komite-komite ini dipimpin,
langsung oleh direksi (internal maupun eksternal):
Fitur dan fungsi penting dari panitia ini adalah:
• Penilaian berkala.
• Sering pertemuan tentang masalah etika.
• Komunikasi yang tepat tentang kode etik dari tingkat atas sampai bawah.
• Menetapkan sistem reward and punishment.
• Menegakkan kode.
• Melaporkan secara tepat waktu kepada BOD's
(v) Advokat Etika
Seorang spesialis etika atau petugas adalah anggota dewan direksi yang memainkan peran
kunci untuk membimbing perilaku etis, sebuah kontribusi yang baik dan luas dalam pengambilan
keputusan dewan. Dia menunjukkan jalan yang benar kepada anggota dewan serta pengambil
keputusan lainnya dalam hal etika.
(vi) Mengintegrasikan Konsep Etika
Eksekutif tingkat senior memiliki tanggung jawab untuk menerapkan dan mengintegrasikan
konsep etis dalam tindakan sehari-hari. Mereka harus membangun semacam struktur yang
mendukung perilaku etis seperti informasi yang tepat kepada karyawan baru mengenai
standar etika, penilaian kinerja tahunan, pedoman etika dan sistem peluit peluit internal
yang sangat penting yang membuat manajemen yang lebih tinggi menyadari adanya
pelanggaran pada waktunya.
Menurut "Purcell and James Weber" Pelembagaa(Vii) Metode Daftar PeriksaIni telah menjadi daya tarik baru dalam seminar dan workshop etika. "Gellermn" menjelaskan bahwa dengan menggunakan metode checklist karyawan dapat menghindari situasi ketika orang melakukan perilaku tidak etis membenarkannya dengan hanya mengatakan seperti - "Ini tidak benar-benar ilegal."n etika bisa jadi ulung:
(I) Dengan pembentukan komite etika.
(II) Dengan memberikan pelatihan etika dalam program pengembangan manajemen.
(III) Dengan menetapkan peraturan etis, norma dan kode etik
(vii) Metode Daftar Periksa
Ini telah menjadi daya tarik baru dalam seminar dan workshop etika. "Gellermn" menjelaskan
bahwa dengan menggunakan metode checklist karyawan dapat menghindari situasi ketika orang
melakukan perilaku tidak etis membenarkannya dengan hanya mengatakan seperti -
"Ini tidak benar-benar ilegal."
"Tidak ada yang terluka karenanya dan saya akan mendapatkan keuntungannya".
Apa yang harus dilakukan saat dihadapkan dengan dilema etis untuk itu "Bennett"
telah memberikan beberapa tip:
• Memahami dan menentukan dilema.
• Kumpulkan informasi faktual.
• Buat daftar alternatifnya.
• Periksa dan uji standar Anda setiap alternatif.
• Buat keputusan Anda.
(viii) Sistem Hukuman Reward
Seperti yang kita ketahui motivasi adalah memiliki dampak yang besar pada perilaku
karyawan sehingga cara terbaik untuk membuat orang di jalur etis adalah pembentukan
sistem penghargaan. Jadi, bila perilaku orang adalah cara yang tidak etis, mereka
melakukannya untuk mendapatkan pahala yang tersembunyi sehingga organisasi harus
mengembangkan semacam sistem di mana setiap orang yang menunjukkan perilaku etis
harus dihargai dan siapa pun yang menunjukkan perilaku tidak etis harus dihukum.
Jadi untuk masa depan orang akan mengambil pelajaran dan mencoba bersikap etis.
(ix) Whistle Hembusan
Whistle blowing adalah saat seorang karyawan memberi tahu majikannya, siapa yang
melanggar hukum. Ini pertama kali digunakan untuk pegawai pemerintah yang
mengajukan keluhan ke publik tentang korupsi dan kemudian digunakan di sektor swasta
dalam situasi yang sama.
Dalam arti sebenarnya dalam peluit bertiup, karyawan harus mengetahui tindakan
ilegal tersebut kepada seseorang di luar perusahaan. Ini harus menjadi pemerintah atau
lembaga penegak hukum. Karyawan yang meniup peluit pada majikan mereka dilindungi undang-undang.
Whistle blowing berlangsung di dalam sebuah organisasi dan hanya bisa dilakukan satu hari
anggota / mantan anggota sebuah organisasi.
Whistle meniup bisa dari dua jenis:
Sejauh menyangkut peluit internal, sedikit
banyak semacam keluhan dan terkadang karyawan tersebut tidak dilindungi oleh
undang-undang peluit peluit. Namun karyawan tersebut mungkin dilindungi oleh
undang-undang lain karena keluar tidak adil dan ilegal untuk memecat seseorang
karena mengeluhkan pelecehan atau diskriminasi seksual. Jika kita berbicara
tentang peluit eksternal yang bertiup tidak semua peluit bertiup sama-sama
dapat memperbaiki masalahnya sendiri.
bertentangan dengan organisasi yang terkena dampak, meskipun paling tidak
sebuah rasa malu bagi sebuah organisasi untuk diekspos sebagai orang yang tidak
Ada banyak badan pengatur seperti OSHO (Organisasi Keselamatan dan
Kesehatan Kerja) yang ada untuk melakukan pengawasan dan peluit peluit bisa
dilakukan secara anonim. Tapi kita bisa melihat bahwa pergi ke agen-agen ini
biasanya lebih tidak bersahabat daripada pergi ke media.
Jika karyawan tersebut telah melaporkan kegiatan yang diduga ilegal ke badan
penegak hukum atau penegak hukum, dia dilindungi. Majikan tidak dapat membalas
terhadap karyawan tersebut. Majikan tidak bisa menganiaya karyawan karena peluit bertiup.
Sebenarnya tidak perlu majikan benar-benar melanggar hukum. Karyawan bisa bersiul meniup
atau sesuatu yang tidak ilegal di tempat pertama. Karyawan tersebut masih terlindungi dari
pembalasan atau penghentian namun yang terpenting dalam peluit bertiup bahwa kepercayaan
karyawan tentang pelanggaran undang-undang yang akan ditiup peluitnya harus masuk akal.
Jadi, singkatnya, bisa kita katakan untuk mengembangkan infrastruktur etika dalam organisasi,
perusahaan Harus mengembangkan beberapa kebijakan mengenai peluit bertiup seperti:
• Prosedur pelaporan yang jelas.
• Jaminan untuk tidak melakukan pembalasan.
• Pernyataan tanggung jawab komunikasi yang efektif bagi karyawan.
• Profesional HR yang terlatih untuk menerima dan menyelidiki laporan.
• Prosedur pelaporan yang jelas.
• Komitmen dari otoritas yang lebih tinggi untuk mengambil tindakan yang tepat.
(X) Pedoman Lainnya
• Menetapkan pelaporan lembaga audit kepada direksi luar.
• Berlatihlah apa yang Anda khotbahkan harus diikuti oleh pimpinan perusahaan.
• Kejutan dan audit yang tak terduga.
• Etika harus dievaluasi berdasarkan konsekuensi jangka panjang bagi individu dan
organisasi.
RINGKASAN
Di era ekonomi baru dan etika baru, perusahaan bisnis mencoba
mengembangkan perilaku korporat yang etis dalam organisasi. Beberapa elemen
yang harus diikuti seperti-pelatihan etika, kode etik, OEDS, komite etika,
organisasi manapun.
advokat / metode etika, penghargaan, sistem hukuman dan peluit bertiup di
STUDI KASUS
Perusahaan yang terdaftar di NSE (Bursa Efek Nasional) memasok komponen ke perusahaan Y.
Yang selanjutnya dipasarkan oleh perusahaan Y di pasar internasional?
Karena perusahaan Y telah berdiri di pasar persaingan global,
perusahaan tersebut telah menandatangani perjanjian tertentu dengan perusahaan X
yang menentukan perusahaan X akan menggunakan bahan baku, dari perusahaan "terkenal" seperti "D" dan "T".
Alih-alih membeli bahan baku dari perusahaan ternama sesuai harga
Perjanjian, perusahaan X membeli dari tempat lain dan memulai tagihan dan sertifikat uji, sangat identik dengan 'D' dan 'T'.
Rajan bekerja sebagai Manager di departemen pemasaran perusahaan X mengetahui tentang praktik etis perusahaan
mengenai tagihan palsu dan memberikan produk standar kepada perusahaan Y.
Dia mencoba mengekspos penipuan secara internal dan mendekati kepala deptt. Karena ada sedikit perlindungan untuk bersiul blower, Rajan telah dipecat oleh atasannya. Tapi dia melakukannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar