TEAMWORK
Dalam sebuah perusahaan peranan Teamwork sangat
penting, bahkan dalam kehidupan diluar perusahaan pun Teamwork sangat berperan
besar untuk terwujudnya suatu rencana. Tidak jarang sebuah perusahaan dalam
merekrut karyawan baru pun bukan hanya mempertimbangkan keahlian hardskill saja
seperti kepintaran dan keahlian tetapi keahlian softskill pun harus dimiliki
sorang pelamar salah satu contohnya adalah bagaimana mereka beradaptasi dan
kemampuan kerjasama tim. Membangun kerjasama tim dan kesolidan dalam sebuah perusahaan
bukanlah hal yang mudah. Beberapa perusahaan bahkan baru bisa membangun tim
yang solid setehan bertahun-tahun bekerja dalam tim yang sama.
Team work (Kerjasama Tim) menurut Kerrin &
Oliver adalah aktivitas atau proses yang meliputi berbagai informasi barbagai
masalah yang sedang dihadapi dan saling bekerjasama untuk memcahkan masalah
tersebut. Sedangkan menurut Robbin Teamwork merupakan kumpulan dua atau lebih
orang yang saling mempengaruhi dan saling teregantung untuk mencapai sasaran
tertentu.
Manfaat dari sebuah teamwork dapat dirasakan oleh
perusahaan diantaranya adalah pencapaian tujuan atau target akan lebih
maksimal. Hal ini dapat terlaksana apabila ada keterikatan dan satu pemikiran
antara satu anggota tim dengan anggota yang lain nya dalam suatu kelompok
kerja. Selain untuk keuntungan perusahaan dan kelompok, teamwork juga dapat
memberikan keuntungan bagi individu didalamnya. Anggota tim dapat menyampaikan
pemikian-pemikiran dengan bebas dan mempelajari keahlian baru yang mungkin
dimiliki oleh anggota tim yang lain.
Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan
untuk membangun kerjasama tim yang solid:
- Arahkan anggota tim yang baru dengan jelas, Apabila suatu divisi mendapatkan anggota tim yang baru maka diperlukan deskripsi yang jelas tentang pekerjaan apa yang harus ia lakukan. Apabila anggoa tim baru sudah mengerti, itu akan memberikan kemudahan bagi proses pencapaian rencana tim.
- Adanya pelatihan yang mempermudah, Perusahaan dapat mengadakan coaching clinic atau pelatihan untuk bekal para anggota tim yang baru agar mendapatkan inofrmasi yang jelas. Selain itu proses saat pelatihan juga dapat membangun hubungan yang erat sesama anggota tim. Dari hubungan yang erat tersebut diharapkan anggota tim dapat mencapai target perusahaan.
- Menjaga stabilitas kerja dikantor, Rasanya penting bagi semua perusahaan untuk menjaga stabilitas kerja dikantor. Apabila kondisi dikantor tidak baik maka akan menyebabkan kinerja tim akan berkurang. Pasalnya, bila salah satu anggota tim ada yang tertekan maka ini akan berimbas juga pada anggota tim yang lain.
- Memberikan dukungan pada karyawan, Membangun sebuah tim yang solid pada perusahaan memang tidaklah mudah. Karena bukan hanya kekompakan saja yang harus diterapkan pada sebuah tim, tetapi bagi perusahaan juga harus memberikan dukungan kepada karyawan agar mereka dapat mencapai target dengan baik. Sebagai contoh dukungan yang dapat diberikan perusahaan terhadap para keryawan adalah memberikan waktu berlibur bersama tim kantor
Berdasaran tulisan yang sudah saya buat menggunakan beberapa refensi yang saya
temukan, maka analisis yang dapat saya berikan adalah Teamwork dalam sebuah
perusahaan mengambil peranan yang cukup besar untuk menentukan pencapaian
keberhasilan perusahaan. Untuk membangun kerjasama tim yang solid perusahaan
haruslah memberikan kemudahan-kemudahan bagi karyawan dan dapat membaca
sekiranya apa keahlian yang terdapat pada karyawan nya tersebut agar dapat
berada dalam tim kerja yang tepat. Bila karyawan merasa sudah jelas dengan
peranan nya di dalam sebuah tim dan sudah pula mendapat keterikatan pemikiran
terhadap satu sama lain, maka akan sangat memudahkan bagi perusahaan untuk
dapat mencapai target.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar